Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-hati jika ingin membeli M.2 SSD

Halo sobat, lama gak posting rasanya tangan ini terasa kaku membuat artikel lagi dan kali ini hookkanan.net akan memberikan sedikit pengetahuan tentang M.2 sata dan M.2 nvme. Kedua SSD tersebut ternyata beda guys, dan jika kalian salah beli maka kalian akan menyesal seumur hidup 👀😂

Apa saja perbedaan M.2 sata dan M.2 nvme?

  1. Kecepatan
  2. Slot
  3. Harga
  4. Kebutuhan
Bagi yang belum mengetahui apa itu M.2 SSD mari kita simak penjelasan singkat berikut ini

  • SSD
Solid-state drive (SSD), adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer. Itu juga kadang-kadang disebut solid-state device atau solid-state disk, meskipun SSD tidak memiliki disk pemintalan fisik dan kepala baca-tulis bergerak yang digunakan dalam hard drive ("HDD") atau disket.

Dibandingkan dengan drive elektromekanis, SSD biasanya lebih tahan terhadap guncangan fisik, berjalan secara diam-diam, dan memiliki waktu akses yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah. SSD menyimpan data dalam sel semikonduktor.

  • Jenis-jenis SSD

SSD 2.5 Inch

SSD mSATA

SSD M.2 SATA

SSD M.2 NVMe

SSD PCIe

Nah sudah terlihat kan bedanya? tapi yang terlihat beda dari fisik dan slotnya jelas gak mungkin kita salah beli, namun yang kita akan bahas di artikel ini adalah SSD M.2 sata dan M.2 NVME yang dimana dari bentuk fisik dan slot sama dan bisa dipasang di slot M.2 tetapi ada kemungkinan tidak suport dengan mainboard anda

Tips membeli SSD M.2
  • Pastikan mainboard anda suport : caranya buka web resmi dari merk mainboard kalian dan baca fitur-fiturnya, jika disana tertera M.2 sata atau M.2 sata 3 maka jangan beli M.2 NVME, walaupun bisa masuk namun tidak akan terbaca dan laptop / PC kalian akan otomatis mati tidak bisa di nyalakan
  • Jika mainboard kalian minim informasi maka lebih baik beli yang M.2 sata
  • Pastikan juga mainborad kalian ada slot M.2 nya 😁
  • Perhatikan Read Speed dan Write Speed pada SSD sebelum membeli
Biasanya kita hanya melihat merk dan harga saja jika ingin membeli sesuatu, namun jangan biasanya itu jika anda berniat meng-upgrade laptop atau pc kesayangan anda.

Apa kelebihan dari semua jenis storage diatas? 

yang jelas dari kecepatan nya, untuk saat ini speed yang paling tinggi ada pada M.2 NVME, SSD NVMe dapat mencapai kecepatan 3500 MB/s (dan dapat terus meningkat ke depannya). Sementara itu, SSD SATA hanya memiliki kecepatan di kisaran 500-550 MB/s, dan kecepatan ini tidak dapat meningkat di atas 600 MB/s mengingat SATA III hanya memiliki batas kecepatan hingga 600 MB/s.

Apakah penting untuk upgrade HDD ke SSD?

Kalau saya mah penting banget, kalau kalian belum pernah coba mungkin saja HDD aja sudah cukup, mending upgrade yang lain seperti memory atau VGA. 
NO NO NO.. 
kalau saya mending storage dulu upgrade ke m.2, karena lebih terasa ketika pemakaian dan jauh berbeda dari pada menggunakan HDD.

Rekomendasi?

Nanti kita akan bahas di artikel berikutnya mana ssd yang rekomen buat pc atau laptop kalian dan urutan yang benar untuk upgrade pc kita. see u 😘
komang indra
komang indra Halo sobat blogger, nama saya Komang Indra. saya lahir serta tinggal di Bali dan sangat mencintai Bali. hobi saya traveling dan memiliki mimpi yang sangat besar. saya berharap pembaca dari blog ini bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. semoga semua berbahagia.

Post a Comment for "Hati-hati jika ingin membeli M.2 SSD"