7 langkah terstruktur membuat Jadwal kerja 3 shift dengan 10 Orang karyawan


Hi.. masih ingat dengan artikel kemarin yang berjudul 
9 rumus simpel membuat jadwal kerja shift ?? Ya, dalam artikel tersebut menjelaskan tentang rumus yang digunakan untuk membuat jadwal shift kerja, so kalau lupa silahkan dibaca lagi untuk mencari rumusnya. Karena disini saya hanya akan menjelaskan struktur yang benar untuk membuat jadwal shift kerja dengan kasus 3 shift (pagi siang malam) dan 10 orang karyawan.

Konsep yang saya berikan disini adalah Shift pagi lebih banyak dari Shift sore atau malam, karena secara umum Jam kerja pagi jauh lebih padat dari pada siang atau malam, terkecuali anda bekerja pada perusahaan lifestyle seperti karaoke, PUB, Restouran, atau yang berkaitan dengan dunia malam. Kalau iya, anda harus menggantinya dengan prioritas malam lebih padat dari pada pagi.


Ket. 
1. Klik gambar untuk memperbesar
2. Tidak boleh melangkahi gambar
3. File bisa di download pada link yang sudah disediakan dibawah
4. Request jadwal silahkan isi kolom komentar
5. Kalau sempat pasti admin bikinkan :)

Pertama bukalah MS Excel anda, dan buatlah tabel seperti gambar 1, Untuk rumusnya silahkan anda kembali baca artikel sebelumnya atau klik linknya diSINI, kalau bingung mungkin anda bisa juga mengunduhnya disana.

Ingat tujuan kita membuat jadwal shift bukan mencari kesamaan jumlah libur, tapi bagaimana kita bisa mengatur agar jam kerja setiap karyawan sama

Setelah buat tabel seperti gambar 1, buatlah PAGI semua dengan kode (P) atau mungkin dengan kode lain yang menurut anda menunjukan pagi. bisa juga (M) morning, jika sudah lanjut ke gambar 2.

Gambar 1
Gambar 2 menunjukan kerangka awal untuk membuat LIBUR, buatlah sesuai kebutuhan anda liburnya hari apa dan atau liburnya buat 2X atau 1X, buatlah pada karyawan dulu, untuk lebih gampangnya mungkin anda membuat pada kolom karyawan pertama.

Tentukan juga berapa kali libur dalam sebulan, pada kasus yang saya buat adalah Libur 8 kali dalam sebulan. Jika perusahaan anda membuat libur 6 atau 4x ya tinggal disesuaikan saja. Setelah itu mulailah anda copy kebawah, tepatnya miring ke bawah, entah itu miring ke kanan atau miring ke kiri seperti contoh gambar 3.

Gambar 2

Gambar 3 menunjukan prosi libur yang sudah sama, lihat di kolom (LB) semua mendapatkan 8x libur dalam sebulan, jadi sampai sini kita hanya fokus pada jumlah LB kalau masih ada perpedaan libur pegawai jelas ini akan menimbulkan komplin dan perbedaan jam kerja.
Gambar 3

Setelah semua karyawan mendapatkan libur dengan jumlah yang sama berikutnya mari kita buat pengaturan jam Malam (M). Pada kasus yang saya buat adalah setelah libur maka keesokan harinya akan mendapatkan jam malam, kenapa? karena libur jadi kerasa lebih panjang ketika habis libur kemudian masuk malam, seolah olah hari tersebut adalah libur bonus.

Namun tergantung dari masing masing dari anda saja, jika habis libur pagi juga bisa,tinggal diatur enaknya saja. Jika habis Libur anda kemudian masuk Pagi, maka konsepnya menjadi habis malam besoknya Libur, biasanya libur akan tidak terasa karena sehabis malam kita akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk istirahat atau bermalas malasan seharian.

Oke lanjut ke pembahasan gambar 4. Setelah semua anda buat setelah libur kemudian lanjut Malam, telitilah kolom dibawah (Malam) yang saya garis biru. Maka akan ada yang malam 2 orang dan 1 orang. Tugas anda adalah menyesuaikan agar porsinya sama atau minimal 2 orang seperti gambar 5.
Gambar 4


Lihatlah gambar 5. yang sudah memiliki porsi malam yang sama dan tidak juga merusak porsi malam pada kolom (M) yang ada pada sebelah kanan. Kolom M kanan dan M bawah harus sama. Jika sudah mari kita ke proses selanjutnya.
Gambar 5

Gambar 6. adalah proses membuat jam kerja Sore, maka sekarang kita buatlah semua setelah Malam kemudian lanjut Sore. Telitilah pada bagian sini, karena jika tidak maka bakalan ada yang sehabis malam lanjut ke Pagi, secara fisik akan tidak baik seseorang yang sehabis kerja malam kemudian lanjut ke Pagi, tubuh akan lemas dan tidak sanggup lagi berkonsentrasi untuk bekerja (Kecuali memang request karena ada keperluan)

Setelah selesai membuat bagian Sore, telitilah kembali bagian sore bawah dan sore (S) di sebelah kanan. porsi / jumlah bawah dan kanan harus sama, jika berbeda maka jadwal shift kerja yang anda buat akan berantakan.
Gambar 6

Finis Point terakhir lihat pada gambar 7. pada bagian indikator kanan dan bawah sudah sesuai yaitu setiap orang mendapatkan libur 8x, pagi 10x, sore 6x, dan malam 6x. jika sudah sama maka jam yang didapat masing masing karyawan juga akan sama.

Pada bagian indikator bawah point pagi akan terlihat acak, itu tidak masalah karena memang tidak bisa kita membuat porsi sama karena bergantung pada jumlah hari dan jumlah karyawan. Yang dapat kita lakukan disana hanyalah membuat jumlah minimal yang masuk Pagi.

Pada kasus yang saya buat adalah minimal karyawan jaga adalah 2, jadi jika lebih tidak akan jadi masalah. dan karena saya rasa bobot pagi harus lebih banyak makanya saya harus membuatnya dari malam sore kemudian pagi

Gambar 7

Kesimpulan,
1. Buatlah Pagi merata dulu
2. Buatlah Libur dengan jumlah yang sama
3. Buatlah Malam dengan jumlah yang sama
4. Buatlah Sore dengan jumlah yang sama
5. FIX

Download file excel diSINI

0 Komentar 7 langkah terstruktur membuat Jadwal kerja 3 shift dengan 10 Orang karyawan

Post a Comment

Back To Top