3 langkah metukar UANG KOIN di bank (BCA, BRI, MANDIRI, BPD) terbaru



3 langkah metukar UANG KOIN di bank (BCA, BRI, MANDIRI, BPD) terbaru

Bermula dari iseng iseng ngumpulin uang koin akhirnya terkumpulah menjadi jutaan, fantastis bukan? Tapi itu tidak sebentar lo.. saya kumpulin uang koin yang saya dapat dari kembalian belanja, nemu dijalanan bahkan ketika saya membayar parkir sengaja saya berikan uang 2 ribuan biar dapat kembalian koin seribuan (padahal dikantong ada uang seribuan). Ketika sekian lama dan celengan sudah penuh (saya punya 2 celengan yang terbuat dari kaleng susu 400grm) saatnya untuk membongkar dan menghitung koin yang sudah terkumpul.

Singkat cerita akhirnya uang koin tersebut berubah menjadi kalung emas walaupun hanya 3 gram, Nah, dari cerita singkat diatas maka saya sangat ingin menulis disini karena ketika saya sudah menghitung dan memplaster uang koin tersebut dan membawanya ke bank ternyata saya salah dan menghitung ulang uang koin yang saya bawa, iya kalau uangnya sedikit kan ndak masalah tapi kalau banyak? huff.. butuh perjuangan dan kesabaran.

Cara menukarkan uang yang benar adalah
1.     Pisahkan uang tersebut sesuai dengan nilainya (yang ini sudah saya lakukan) misal : uang 100 kumplin dengan uang 100, 200 dengan 200, 500 dengan 500, 1000 dengan 1000.
2.     Kemudian susun koin tersebut menjadi 20 koin setiap susunan, kemudian di plaster, Nah.. yang ini yang saya salah, justru saya menyusun uang koin tersebut menjadi 10 koin dan saya plaster. Karena saya berasumsi jika di susun menjadi 10 koin setiap susunan, jadi mudah untuk menghitungnya. Apesnya saya di bank disuruh membuka koin yang saya susun itu dan menyusun ulang menjadi 20 koin pada setiap susunan.

Saya tanya apakah aturan itu dibuat oleh bank ini? (waktu itu saya menukarnya di bank BCA) ternyata di jawab oleh teler bank bahwa semua bank melakukan hal yang sama, apakah itu BRI, MANDIRI, maupun bank BPD

3.     Setelah selesai menghitung kita akan ditanya apakah uang koin tersebut ditukar secara cash atau transfer? jadi ada 2 pilihan, ketika kita tidak memiliki rekening di bank yang kita gunakan untuk menukar uang koin tersebut maka kita bisa meminta uang cash, tetapi jika kita memiliki rekening bank dimana kita menukar koin, maka bisa di transfer.

Keuntungan menstransfer uang hasil tukaran koin adalah uang tersebut setidaknya tidak kita belanjakan langsung karena kita tidak melihat uang tersebut, karena pengalaman saya ketika membawa uang cash, ada aja keinginan untuk memblanjakanya jadi hasil dari jerih payah kita selama setahunan hilang dengan sekejap.

Sekian pengalaman unik ini ya, jika ada yang kurang jelas silahkan corat coret di kolom komentar.


0 Komentar 3 langkah metukar UANG KOIN di bank (BCA, BRI, MANDIRI, BPD) terbaru

Post a Comment

Back To Top