18+ Cara cerdas mencari SUBSCRIBER sebanyak banyaknya di Youtube



Mencari penonton itu no 2 yang paling penting bagaimana bisa membuat video secara konsisten dengan tema yang dibuat.

Itulah kunci utama dari seorang youtuber, bagaimana caranya? mari kita ulas sedikit tentang bagaimana Tips cara mencari subscriber lebih dari 1000 di youtube agar bisa di monitasi.

Mungkin yang belum terjun ke dunia per'youtube'an ga tau apa itu monetasi? baiklah saya jelaskan sedikt ya,

Simpel saja monetasi adalah cara meng uang kan video yang kita buat. Caranya adalah kita buat video original selanjutnya kita unggah ke youtube kemudian koneksikan ke adsense setelah itu kita aktifkan monetasi dan video kita menghasilkan uang ketika ada yang menontonya! bingung? haha saya juga, untuk lebih jelas nya silahkan baca disini ya Cara mencari uang dan menjadi kaya dari youtube 

Nah setelah kita tau apa saja langkah langkahnya untuk memonetasi video kita, sekarang bagaimana cara mendapatkan 1000 subscriber? kenapa harus seribu? iya, karena peraturan youtube tahun 2018 mewajibkan publisher memiliki seribu subscriber agar dapat menghasilkan uang dari video youtube, parahnya lagi selain subscriber, video kita harus sudah ditonton 4000 jam selama kurun waktu 1 tahun,

So.. kesimpulannya menjadi seorang youtuber harus kerja keras! kenapa youtube memberikan kebijakan seperti itu? mungkin untuk meminimalis plagiat dan mengajak penggunanya agar lebih profesional.

1.     Jadi jika kita ingin sukses di youtube yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari TEMA. Tema channel yang kita buat sangat penting kita pikirkan matang matang, karena dengan mengunggah video yang campur campur, bukan tidak mungkin lagi untuk sulit mencari subscriber bahkan kemungkinan channel youtube kita akan menjadi channel yang usang dan menjadi channel pribadi untuk selamanya. bahkan kemungkinan besar kita sendiripun akan ikut meninggalkanya.

2.     Berikutnya adalah KEBIASAAN. Apakah mungkin kita membuat video diluar kebiasaan kita? mungkin saja 2 sampai 10 video bisa kita buat, namun secara continue itu mustahil. Kita akan merasa berat untuk membuat video di luar kebiasaan kita dan akhirnya kita menyerah.

Jika kita membuat video sesuai dengan kebiasaan kita maka membuat video itu tidaklah sulit, dan mungkin tidak ada beban dalam pengerjaanya.

Contoh, misalkan kita suka traveling dan menjadi kegiatan rutin disetiap hari libur! kenapa kita tidak mereview tempat yang kita kunjungi? seperti membuat history di instagram kita, kita tidak pernah memikirkan soal uang tetapi justru kita enjoy dan terus mengunggah liburan kita.

Atau contoh lainya adalah kebiasaan makan di luar rumah dan banyak lagi kebiasaan kita yang tanpa kita sadari.

Jangan pikirin nanti apakah ada yang akan menonton video kita? sekali lagi penonton itu nomor 2, yang terpenting adalah konsisten. jangan berfikir video kita tidak ada yang nonton, di Dunia ini ada miliaran Manusia.

3.     EDITING. Setiap video yang anda unggah buatlah semenarik mungkin dengan cara edit dengan software editing. banyak sekali software video editing yang bisa kita gunakan untuk mempercantik video kita, entah itu dari back sound atau permak warna atau tambahkan sedikit efek. Seorang youtuber yang memiliki ribuan subscribe jarang saya lihat video yang mereka unggah adalah video mentah tanpa permak.

4.     Watermark. Jika sudah punya 3 poin diatas maka selanjutnya kita focus ke video yang sudah kita unggah ke youtube. Video yang kita unggah keyoutube sebaiknya ditambahkan watermark atau pencitraan merk. Tips ini sangat dianjurkan oleh youtube agar pemirsa dapat secara mudah melakukan subscribe ke channel kita.

Cara menambahkan watermark Login ke YouTube.
Buka Creator Studio dengan mengklik ikon akun > Creator Studio.
Di menu sebelah kiri, pilih Channel > Branding.
Klik Tambahkan watermark.
Ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan elemen branding channel yang akan muncul di semua video yang diupload pada seluruh perangkat.

5.     Konfigurasikan default
Nah ini yang jarang di share sama youtuber besar, ini adalah hack yang bagus untuk mengingatkan pengunjung untuk berlangganan ke channel kita, stiap video akan menampilkan pop up yang memberikan pilihan untuk berlangganan channel kita.
Cara konfigurasinya cukup anda buka di pengaturan default video dan isi di bagian default deskripsi dengan menambahkan kode “sub_confirmation=1” setelah URL channel anda.

Maka menjadi

6.     Buat skrip.
Jangan kira youtuber besar itu membuat video asal asalan ketika mereka membangun channel mereka. Mereka yang serius dalam membangun channel youtube selalu memikirkan skrip atau alur cerita. Jadi pengunjung yang datang ke channel tersebut akan menonton video sampai habis, karena mereka mengikuti cerita yang kita buat.

Maka yang perlu anda kerjakan adalah menulis skrip lalu mengiplementasikan ke dalam video. Mereka yang tidak memiliki rencana maka akan menemukan kegagalan.

Video cenderung bekerja secara baik ketika kita menulis skrip atau alur cerita yang ada dalam video. Masukan secara detail skrip yang akan kita jadikan video, buatlah deskripsi yang menceritakan video kita, tambahkan tag yang berkaitan dengan video kita.

7.     Buatlah konten yang sangat menarik (JELAS)
Konten yang menarik akan sangat efektif untuk membangun channel, raja SEO adalah konten. Maka buatlah konten kita semenarik mungkin, bila diperlukan buanglah video video yang kita anggap kurang menarik. JANGAN KEJAR TAYANG.

Walaupun beragam tema sudah ada di youtube tapi kita selalu punya celah untuk membuat video kita lebih UNIK dan menarik.

8.     Konsistensi
Jika kita banyak memiliki video maka jadwalkan video kita untuk ditayangkan. Jangan sekali kali kita mengunggah video kita banyak diawal kemudian akhirnya jarang bahkan tidak mengunggah video.

Formula yang paling baik adalah 4x4. Maksudnya kita jadwalkan video kita tayang minimal sebulan 4 video baru dan buatlah konsisten (walau apapun yang terjadi). Algoritma google sangat menyukai video yang kita jadwalkan, karena jika kita sudah menjadwalkan video, maka suatu saat kita sakit atau video belum diedit, penjadwalan video sebelumnya tetap akan tayang.

Cara ini memungkinkan kita bias mengatur waktu membuat video lebih jelas dan lebih tenang.

9.     Pelajari cara mengoptimalkan judul video
Pengoptimalan judul video adalah kunci dari kesuksesan channel kita. Cara yang paling tepat untuk melakukan pengoptimalan adalah memberi nama atau judul kita yang tidak biasa. Dengan cara ini orang akan datang ke channel kita hanya dengan perasaan ingin tau saja.

Selain itu, gunakanlah tool reset kata kunci untuk menemukan ide ide baru untuk pembuatan kata kunci video kita. Salah satu tool yang terkenal dan banyak digunakan oeh youtuber besar yaitu :

·        Google keyword planer

Disana kita bias meriset kata kunci, ide ide baru, total pencarian per bulan, pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut. Sehingga kita bias menghindari kata kunci dengan pesaing tinggi.

10. Manfaatkan kostumisasi saluran
Youtube sendiri menyediakan fasilitas kostomisasi channel kita, dari foto channel, header channel, video pembuka untuk subscriber, video otomatis putar di beranda ketika ada pengunjung baru masuk ke channel kita, menampikan upload popular, membuat playlist, membangun komunitas dan masih banyak lagi.

Dengan begitu pengunjung baru akan lebih yakin bahwa channel kita dikelola dengan baik dan professional.

11. Personalilasi thumbnail video
Thumbnail adalah gambar kecil untuk video kita, walaupun youtube memberikan thumbnail secara acak tetapi akan lebih baik kita membuatnya secara kostum.

Cara ini sudah terbukti mengundang banyak klik. Buatlah thumbnail yang cerah dan berikan sedikit text yang menggambarkan video kita.

12. Manfaatkan meta tag sebaik baiknya
Kata kunci yang berlebihan akan membuat video kita menjadi buruk, jangan beranggapan bahwa semakin banyak kata kunci yang ditempatkan dalam judul, deskripsi maupun tag akan membuat reputasi video kita lebih baik atau gampang dicari.

Buatlah kata kunci yang meruncing bukan melebar, anda pasti mengerti itu. Contohnya jika video kita tentang membuat ayam bakar, buatlah kaca kunci memasak, memanggang, resep ayam bakar, ayam bakar sehat.

13. Optimasi deskripsi video anda sebaik baiknya
Cara melakukan optimasi deskripsi video adalah dengan cara menuliskan gambaran tentang video yang anda buat, jangan pernah menyimpang karena hanya ingin membuat deskripsi yang panjang.

Deskripsi yang panjang belum tentu baik untuk Seo jika deskripsi tidak mempunyai arah. Deskripsi tidak hanya akan membiarkan video Anda ditemukan di mesin pencari, mereka juga akan memberikan gambaran kepada pemirsa potensial tentang apa video Anda.

Seperti pada judul yang kita buat, gunakanlah kata kunci pada deskripsinya juga. Kata kunci yang baik pada deskripsi adalah kata kunci yang memiliki persamaan, missal: anda menargetkan kata kunci BERMAIN, maka kembangkanlah itu seperti playing, game, main main, dan sebagainya yang menunjukan kalimat anda masih dalam satu tema.

Tetapi jangan sampai anda membuat persamaan kata melebihi kata wajar, atau menempatkan kata kunci hingga 20 kata, karena itu hanya akan membuat mesin pencari sulit memahami maksud anda.

14. Edit video anda dengan kejam
Mungkin ini terdengar aneh tetapi sangat memberikan kemungkinan untuk orang menonton video anda. Maka dari itu editlah video anda dengan kejam, berikan efek atau permak segala macam agar terlihat menarik dan “Pastika Hanya Video Yang Terbaik Yang Anda Upload”

Jadi jika anda memiliki beberapa video, pilih lah yang terbaik. Jangan semua video anda upload hanya demi kuantitas. Banyak video belum tentu baik bagi channel anda, tapi video yang berkualitas sangat membantu untuk mencapai kesuksesan channel anda.

15. Gunakan Intro dan Outro

Dalam kasus ini, intro dan outro jangan anggap sepele, karena dari sana penonton dapat mengetahui bahwa video anda dibuat dengan professional, gunakan intro sebagai pencitraan merk anda sehingga akan melekat pada pelanggan, dan gunakan Outro untuk ajakan mengikuti channel anda. Pastika pada Outro anda memberika rasa penasaran atau kencanduan.

16. Batasi video bagi anda yang maru membangun channel
Meskipun YouTube adalah rumah bagi banyak ulasan terperinci, ulasan mendalam dan konten panjang lainnya, video konversi tinggi adalah video yang dioptimalkan untuk kurang dari 5 menit panjangnya.
Comscore melaporkan pada Januari 2014 bahwa panjang rata-rata sebagian besar video YouTube adalah sekitar 4,4 menit . Untuk pembuat konten yang baru memulai, ini adalah angka emas.
Setelah anda mempunyai jumlah subscriber yang lumayan atau sudah melebihi persyaratan youtube maka barulah anda mulai bereksperiman dengan membuat durasi yang lebih panjang dan ideal dengan karakter anda di dalam video.

17. Gunakan platform selain youtube
Dalam kasus ini, anda dituntut untuk memiliki web atau blog. Jika anda memilikinya, maka gukanlah sebagai promosi video anda. Anda dapat menaruh embed video anda pada postingan maupun pada halaman beranda blog anda,
Di youtube sendiri memberikan vasilitas untuk menautkan web resmi anda kedalam channel youtube anda. Maka jangan itu disia siakan.
Di bawah pengaturan saluran halaman YouTube Anda, tambahkan URL situs web / blog Anda ke saluran Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan URL situs web / blog Anda dalam deskripsi saluran itu sendiri. Demikian pula, tambahkan tombol 'Berlangganan' di suatu tempat di blog Anda untuk mengarahkan lebih banyak pelanggan ke saluran YouTube Anda.

18. Gunakan alat yang tepat.
Sebagai alat bantu untuk mengukur seberapa bagus SEO anda dalam pembuatan judul, deskripsi, tag, dll maka anda memerlukan alat yang tepat untuk melakukannya.
Saya sendiri menggunakan VidIQ sebagai alat bantu, dan tentunya sangat berguna untuk kebutuhan saya. VidIQ dapat anda gunakan secara gratis yang bias anda download pada situs resminya.
Selain VidIQ ada beberapa tool gratis yang banyak tersebar di internet untuk membantu anda dalam membangun channel youtube anda, salah satunya adalah TubeBuddy

18 +. Sebagi tambahan, adalah share ke media social. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh pemula namun tergantung bagaimana kita mengemasnya agar orang tidak menganggap SPAM.

Banyak lagi cara untuk mendapatkan subscribe di youtube, namum jika anda melakukan 18+ cara diatas maka cara yang lain hanyalah nilai tambah.

0 Komentar 18+ Cara cerdas mencari SUBSCRIBER sebanyak banyaknya di Youtube

Post a Comment

Back To Top