Satu bulan pegang saham dapat motor baru (pengalaman pribadi)


Satu bulan pegang saham dapat motor baru (pengalaman pribadi)
Pengalaman ini saya buat hanya untuk memotivasi anda yang ingin maju dan berfikir kaya hanya dengan menjadi investor maupun trader, namun bukan berarti pengalaman saya ini hanya cerita fiktif belaka saja, tetapi memang benar adanya. Saya sudah berkecimpung didunia pasar modal dari tahun 2015 sampai sekarang kurang lebih 3 tahun lamanya, dengan pengalaman kurang lebih tiga tahun ini memang saya termasuk boleh dikatakan orang baru yang menggeluti dunia pasar modal di indonesia, namun dengan bekal dari pengalaman tersebut kini baru saya merasakan manisnya dalam berinventasi di bursa efek indonesia.

Awal awalnya saya mulai belajar dengan dana yang sangat kecil, seingat saya dengan modal pertama yaitu 500 ribu saya mulai memberanikan diri untuk belajar investasi pada REKSADANA. Pada saat itu memang benar benar saya tidak memiliki ilmu sedikitipun dan tidak memiliki buku apapun tentang investasi reksadana, hanya berbekal kemauwan untuk berani mencoba. Singkat cerita saya pun mendaftar pada skuritas (broker) indopremier dan membeli reksadana saham yang tidak saya mengerti, all hasil setelah beberapa bulan saya cek kembali memang reksadana tersebut meningkat memberikan keuntungan untuk saya, namun keuntungan tersebut memang kecil sekali sekitar 15 ribu rupiah, wah pastinya saya untuk pertama kalinya saya sangat senang walaupun keuntungan tersebut terlalu kecil mengingat modal saya juga kecil. Hingga kemudian saya menambah modal menjadi 1.300.000, dan tepat sekali di bulan berikutnya saya mendapat untung sekitar 50ribuan.

Karena berharap untung besar dengan modal kecil, saya pun menjual reksadana tersebut untuk memindahkan modal saya ke dalam instrumen yang memiliki resiko yang lebih besar, saya sadar dengan hight risk hight return. Keputusan untuk mengambil resiko yang lebih tinggi saya ambil yaitu menjadi trader saham. Sama seperti sebelum sebelumnya, saya tidak begitu memahami apa yang saya beli? bagaimana cara mengalisanya? dan sampai kapan saham tersebut mau saya pegang? modal saya hanya berani mencoba, namun yang terjadi justru saham pertama yang saya beli itu merugi hingga 300 ribu. Rugi segitu sudah besar sekali jika dilihat dari modal, 1300.000 dikurang 300rb sama dengan saya merugi 23%, sangat besar bukan?

Ternyata ada hikmahnya juga dari kerugian tersebut mulailah saya belajar mengenai apa itu analisa teknikal, saya mulai belajar grafik dan lebih rajin membaca sentimen yang mempengaruhi pasar modal dan sampai sekarang saya masih belajar menganalisa, mungkin dari hasil belajar selama ini atau suatu keberuntungan, akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai mendapatkan untung dari hasil trading, tak tanggung tanggung th 2018 ini saya pernah untung puluhan juta, kalau di ibaratkan hanya sebulan saja saya bisa membeli motor baru.

Mungkin dari master trader yang lain keuntungan saya itu cukup kecil, namun bagi saya itu adalah hal yang luar biasa yang pernah saya capai. Mungkin sekian dulu tulisan ini biar tidak terlalu panjang

Pesan yang saya sampaikan disini adalah mulailah berinvestasi dari sekarang, jangan takut mengambil resiko karena apapun yang anda lakukan selalu ada resikonya, namun jika kita mau belajar dan memiliki tekad yang besar serta disiplin maka peluang anda untuk sukses di pasar modal sangatlah besar.

0 Komentar Satu bulan pegang saham dapat motor baru (pengalaman pribadi)

Post a Comment

Back To Top