Rasakan sensasi luar biasa NYEPI di pulau Bali


Pernahkah anda mendengar budaya nyepi atau hari suci penyepian di Bali? Nyepi atau penyepian adalah hari dimana seluruh masyarakat yang tinggal dibali tidak diperbolehkan keluar rumah, jadi aktivitas orang dibali akan terhenti termasuk berdagang, bekerja, atau berpergian selama satu hari penuh termasuk bandara internasional libur.

Sensasi luar biasa NYEPI di pulau Bali

Pada konsepnya, penyepian adalah pergantian tahun menurut kalendar Bali yang dikenal sebagai tahun saka. Masyarakat Bali yang menganut agama Hindu menyambut hari suci Penyepian dengan cara melakukan upacara dan tawur agung atau membuat ogoh-ogoh sebagai simbolis melebur buta kala (roh jahat) yang dilakukan tepat pada tilem kesanga waktu sandi kala (menuju gelap) sehari sebelum hari Penyepian dilakukan.

Baca juga : Info PHDI dihari nyepi

Tujuan dari hari raya suci Penyepian ini adalah untuk menyucikan buana alit ( alam manusia ) dan buana agung ( alam semesta ). Maka dari itu, pada saat hari Penyepian, udara akan sangat terasa segar dan dunia terasa damai sekali tanpa ada kebisingan dari manusia.

Sensasi luar biasa yang terjadi pada hari Penyepian ini akan terasa bagi siapa pun yang berada di Bali termasuk binatang dan tumbuh tumbuhan. Saya sendiri membuktikan bahwa Penyepian membuat alam ini damai yang dapat dirasakan hanya dengan duduk di halaman rumah, udara yang sejuk membuat tubuh terasa rilex dan burung burung yang bebas berterbangan di alam terdengar kicauanya walau itu jauh di udara.

Sensasi luar biasa juga dirasakan ketika hari mulai gelap, semua masyarakat di Bali dilarang menghidupkan lampu, televisi, radio atau suara suara lain yang membuat bising (untungnya masyarakat yang tinggal diBali tidak ada yang melanggar). Jadi pada malam hari, pulau Bali benar benar gelap gulita. Nah.. sensasi luar biasa itu terjadi ketika kita melihat ke atas dan wow... Pesona bertaburan bintang dilangit sangat indah, miliaran bintang dapat kita nikmati, bintang jatuh mengihiasi pemandangan dilangit.

Sensasi luar biasa NYEPI di pulau Bali

Walaupun hari Penyepian ini jatuh setiap satu tahun sekali, tetapi sehari di hari Penyepian seolah olah membayar semua kegiatan saya selama setahun.

Semoga dampak yang dihasilkan pada hari Penyepian ini sangat berguna bagi kehidupan manusia, semua mahluk dan tumbuh tumbuhan serta alam semesta ini, jika anda berminat datanglah dan rasakan sendiri sensasi luar biasa pada hari suci Penyepian di Bali.

0 Komentar Rasakan sensasi luar biasa NYEPI di pulau Bali

Post a Comment

Back To Top