Iklan adsense kadang tampil kadang tidak di blog? 7 Cara ini akan bikin kamu tenang


Pertanyaan ini sering saya dengar dari teman teman blogger, kenapa iklan saya tidak tampil di blog? kenapa beberapa iklan tidak tampil di blog? kenapa iklan di dalam artikel tidak tampil tapi iklan di gadget normal? dan banyak lagi, yang mengacu pada intinya kenapa iklan kadang tampil kadang tidak.

Jujur saya dulu juga pernah gelisah masalah ini sampai browsing sana sini tidak ketemu juga jawabanya, memang masih jarang sekali yang share masalah ini. Kebanyakan dari yang saya baca adalah karena blog di upgrade, karena penempatan iklan tertutup atau kebanyakan iklan, karena belum memasukkan PIN ke adsense, karena adsense di banned, karena unit iklan masih baru, dll. Semua itu memang benar tapi tidak membuat saya puas, kenapa? karena semua point yang disebutkan tadi, semuanya tidak masalah bagi saya tetapi Iklan kadang tampil kadang tidak di blog
Iklan kadang tampil kadang tidak di blog?
Contoh iklan tidak tampil 

Setelah browsing sana sini dan tidak mendapatkan penjelasannya akhirnya saya cukupkan pencariannya dan memulai berexperimen sendiri. Sebelum anda mengikuti petunjuk yang saya berikan, pastikan anda juga tidak masalah dengan point di atas, mari kita ulas sedikit sebelum kita lanjut ke tahap berikutnya.

Blog upgrade
Pernahkah kalian mendengan blog TLD? ya, top domain level (TLD) adalah blog yang sudah diupgrade ke .com .net .id dan sebagainya, jadi jika anda ingin menghilangkan .blogspot anda dengan domain sendiri (.com) maka anda harus upgrade blog anda menjadi TLD.

baca :  Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

Nah, masalah yang terjadi apabila anda mengupgrade blog anda adalah iklan yang sebelumnya anda pasang tidak akan tampil alias blank. Bukan hanya kadang tampil kadang tidak tetapi tidak akan tampil selamanya, mengerikan bukan jika anda sudah menghasilkan uang dari sana!! Tapi tenang saja, selalu ada solusi disetiap permasalahan. Namun disini solusinya hanya satu yaitu anda harus mengupgrade juga akun adsense anda dan mengajukan permohonan untuk dapat menampilkan iklan pada blog TLD anda.

Iklan tertutup atau kebanyakan iklan
Iklan kadang tidak tampil karena permasalahan satu ini, yaitu iklan anda tertutup oleh gedget yang terlalu banyak anda pasang atau anda terlalu memasang kode iklan terlalu banyak di blog anda. Kenapa demikian? tentu saja jika anda terlalu banyak memasang kode iklan maka dampaknya akan menjadi lemot dan iklan akan gagal louding, sehingga yang tampil hanya iklan kosong (blank).

Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah coba anda kurangi jumlah iklan dan tampilkan gedget yang memang benar benar diperlukan saja, sehingga blog anda menjadi lebih cepat untuk menampilkan konten maupun iklan. Jumlah iklan yang baik hanyak enam iklan, walaupun saat ini google tidak membatasi jumlah iklan yang boleh ditampilkan pada satu blog.

Unit iklan masih baru
Walaupun anda sudah lama diterima oleh google adsense untuk dapat menampilkan iklan pada blog anda, namun ketika anda membuat unit iklan baru kemudian memasangnya di blog anda, ada kemungkinan iklan tidak akan tampil, yang tampil hanya iklan iklan lama yang telah lama anda buat. ini dikarenakan unit iklan baru membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dapat tayang.

Jika anda mengalami hal seperti ini, anda hanya cukup menunggu sebentar dan masalah selesai, tetapi jika dalam waktu tersebut belum tampil juga maka kemungkinan ada faktor lain yang mempengaruhi iklan tidak tampil pada blog anda.

PIN adsense
Pernah mendengar PIN adsense? jika pernah maka pembayaran anda sudah hampir mencapai ambang batas 100 dolar atau anda sudah melewati tahapan review ke dua dari pengajuan adsense anda. Pada kasus tertentu memang banyak yang mengatakan iklan mereka belum tampil karena masih dalam proses review dari pihak google untuk dapat menampilkan iklan pada blog mereka.

Namun ada juga yang masih dalam tahap review sudah bisa menampilkan iklan adsense di blog mereka. Jadi jika anda termasuk orang yang berada dalam tahap review ini dan iklan yang anda pasang belum tampil maka anda harus sabar dan tetap konsisten menulis artikel, kebanyakan orang gagal dalam tahap ini karena tidak sabar yang membuat mereka lupa akan tujuan mereka membuat blog. Akan tetapi jika anda sudah mendapatkan PIN dari adsense namun iklan juga belum tampil atau kadang tampil kadang tidak maka lanjutkan membaca artikel ini.

Daftar melalui youtube
Ada tiga cara untuk mendapatkan akun google adsense yaitu
  1. Daftar melalui Youtube
  2. Daftar melalui Blogger
  3. Daftar memlalui Google Adsense
Diantara ketiga metode pendaftaran tersebut, yang mana saja anda pilih adalah sah sah saja dan dapat menampilkan iklan adsense. Namun taukah anda jika anda mendaftar melalui Youtube anda hanya dapat menampilkan iklan pada video yang anda monetise di Youtube saja, begitu juga bila anda mendaftar di blogger maka anda hanya dapat menampilkan iklan pada blogger saja.

Nah sekarang coba ingat kembali dari mana anda mendaftar program adsense, jika benar dari Youtube dan anda ingin menampilkan iklan pada blogger maka iklan tidak bisa muncul seperti menampilkan kotak kosong.

Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah kembali ke point pertama yaitu Blog Upgrade. Dengan cara ini maka anda akan bisa menampilkan unit iklan dimana saja, baik di Blog, Web, Youtube. Akun adsense anda akan berubah dari akun Hosted ke akun Non Hosted.

Adsense di banned
Jika semua cara diatas sudah anda terapkan dan memang tidak ada masalah sama sekali maka cara terakhir adalah coba anda cek akun adsense anda apakah di banned atau tidak. Akun yang terkena banned tidak akan bisa menayangkan unit iklan. Penyebabnya tentu saja karena ada pelanggaran kebijakan dari penayang iklan yaitu pemilik blog.

Cara untuk bisa mengetahui apakah akun anda di banned atau tidak silahkan anda login ke akun adsense anda, jika ada peringatan dan anda tidak bisa masuk ke beranda adsense maka dapat dipastikan akun anda sudah di banned atau di disable. Cara kedua untuk mengetahui akun anda di banned adalah dengan cara masuk ke Google Adsense Sandbox kemudian anda masukan URL blog anda lalu klik Show Google Add. Lihat dibawahnya, jika ada iklan muncul maka akun adsense anda masih aman, jika tidak tampil iklan adsense maka?? Bersabarlah.

Cara terkhir
Nah ini adalah pembahasan yang mau saya sampaikan dari awal, tetapi sebelum anda cek point point di atas yang sudah dijelaskan secara singkat, maka cara terakhir ini tidak ada gunanya. Pastikan dulu cara diatas sudah anda terapkan dan memang tidak masalah dengan itu, seperti yang saya lalukan sampai tidak menemukan solusi, tetap saja Iklan kadang tampil kadang tidak di blog.

Lalu apa penyebabnya? ternyata jawabannya simpel yaitu logout dari akun anda kemudian lakukan clear chace pada browser anda. Lalu silahkan anda buka blog anda tanpa login ke akun blogger anda, maka semua iklan akan tampil. Lega sekali bukan? sesungguhnya tidak ada yang perlu anda khawatirkan, penyebab dari Iklan kadang tampil kadang tidak di blog adalah karena anda buka blog dengan akun blogger anda yang masih login.

Logikanya adalah, buat apa nampilin iklan jika tujuan anda nampilin iklan buat orang lain bukan untuk diri anda sendiri. Jadi tidak perlu terlalu kawatir jika anda cek blog sendiri Iklan kadang tampil kadang tidak di blog. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda, Terimakasih

0 Komentar Iklan adsense kadang tampil kadang tidak di blog? 7 Cara ini akan bikin kamu tenang

Post a Comment

Back To Top