7 aplikasi ini wajib anda miliki jika ingin membeli saham


Untuk dapat menganalisa saham memang tidak bisa dengan tebak tebakan semata, keberuntungan tidak akan selalu datang setiap kali anda bertransaksi di bursa efek indonesia. Keberhasilan anda menjadi seorang investor maupun trader adalah terletak pada data yang akurat yang anda miliki dan mempunyai visi dan misi yang jelas untuk meminimalisir resiko dalam bertransaksi.

Sangat penting bagi anda yang mulai atau yang sudah terjun di dunia pasar modal mengetahui apa yang anda beli, karena ini menyangkut uang yang anda gunakan. Salah dalam membeli saham maka uang anda menjadi taruhannya, jangan beranggapan bahwa pasar modal adalah ju di yang legal, sebab jika anda sudah tau yang anda beli, uang anda akan aman dan berkebang bahkan sangat memungkinkan anda menjadi seorang miliarder. Berbeda dengan konsep berju di. Ju di hanya ada pilihan menang atau kalah, Bila anda mempertaruhkan uang anda dalam konsep ju di maka jika memang anda akan mendapatkan keutungan 100% itupun bila tidak ada potongan dan bila kalah? Ya.. uang anda akan habis 100%

7 aplikasi ini wajib anda miliki jika ingin membeli saham

Bursa saham adalah tempat anda berbisnis bukan untuk berju di, disana ada banyak pilihan dan bukan tentang menang kalah. Dibursa saham ada pola yang bisa kita pelajari yang biasa kita kenal dengan analisa teknikal dan analisa fundamental.

Baca : Cara jitu memilih saham untuk trading

Untuk dapat melakukan analisa teknikal dan fundamental tersebut maka anda harus memiliki referensi data, nah.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa aplikasi android yang dapat anda gunakan untuk memantau maupun menganalisa saham sebelum anda membelinya.

1. Kontan
Kontan adalah aplikasi berbasis android yang memuat tentang berita, aplikasi ini sangat up to date dengan sentimen yang terjadi di pasar modal hingga sentimen global dunia. Untuk dapat mencari berita kusus ekonomi silahkan anda download via play store atau bisa klik disini, kemudian buka aplikasi, cari MENU ==> BERITA ==> INVESTASI

Jika anda sudah mengetahui berita yang terjadi, tentu saja anda jadi tau yang anda beli, bukan beli kucing dalam karung. Sehingga mempermudah anda dalam pengambilan keputusan yang didasari oleh data yang anda kumpulkan bukan dari tebak tebakan semata.

2. Stockbit
Aplikasi ini juga sangat membantu anda dalam pengambilan keputusan, pasalnya aplikasi ini adalah aplikasi forum dimana anda bisa bertemu dengan investor maupun trader pasar modal melalui aplikasi stockbit ini. Anda juga bisa menanyakan sesuatu misal ; laporan keuangan, saham yang lagi trend, sentimen yang mempengaruhi suatu saham, dll, para member stockbit akan saling memberikan informasi yang sangat berguna bagi kita semua.

Namun pada aplikasi ini anda harus register untuk memiliki akun di stockbit. Caranya sangat mudah, silahkan anda download aplikasi stockbit pada playstore atau bisa klik disini. Setelah terinstal silahkan anda buka aplikasinya kemudian pilih register. Anda bisa menggunakan akun google anda atau masuk menggunakan facebook.

Oh iya.. selain dapat berkumpul dengan para investor dan trader pasar modal, aplikasi ini juga memberikan fasilitas virtual trading untuk para pemula yang belum berani menggunakan uang asli. Stockbit memberikan anda dana virtual sebesar 100 juta rupiah yang bisa anda gunakan untuk membeli saham. Dengan cara itu nantinya anda bisa lebih matang untuk terjun kedunia pasar modal menggunakan real akun.

3. RTI Business
Berbeda dengan dua aplikasi diatas, RTI Business adalah aplikasi dimana anda bisa memantau pergerakan harga saham maupun index secara real time. Fasilitas yang diberikan aplikasi ini lengkap sekali dari top gainers maupun top losers berdasarkan volume transaksi hinggal laporan keuangan, jumlah saham yang beredar setiap emiten, aset perusahaan, net profit, laba rugi, hutang, rasio, dll.

RTI Business juga memberikan anda informasi tentang profil perusahaan, nama nama pemegang saham, dll. Selain itu aplikasi ini juga memberikan informasi corp action seperti pembagian deviden dan RUPS serta berita tentang perusahaan terkait. Silahkan anda download aplikasinya melalui playstor atau bisa di klik disini.

4. CNX Chartnexus
CNX adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh para analisis teknikal, jika anda seorang trader maka aplikasi ini sangat cocok bagi anda. Aplikasi ini kusus dirancang untuk mengetahui harga suport dan resisten dari suatu emiten.

Fitur yang diberikan oleh aplikasi CNX ini cukup lengkap seperti penggunaan indikator Moving average, MACD, ADX, ATR, Bollinger Band, dll yang bisa anda setting sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Selain itu CNX juga memberikan fitur Drawing sehingga anda bisa menarik garis lurus untuk menentuka harga suport dan resisten dan garis miring untuk menentukan trend naik atau trend turun pada suatu perusahaan.

Aplikasi ini sangat membantu anda untuk menentukan keputusan jual beli pada trading anda, silahkan download aplikasinya di playstore atau anda bisa download aplikasinya disini.

5. Stock Chart
Aplikasi ini sama dengan CNX namun lebih sedikit fiturnya, tujuan menggunakan aplikasi ini adalah sama untuk melihat chart dan menganalisa trend naik atau turun dengan memanfaatkan indikator moving average dan MACD. Walaupun aplikasi ini lebih sedikit fiturnya dibandingkan aplikasi CNX tetapi dari segi kecepatan stock Chart lebih unggul karena aplikasi ini sangat ringan.

Jika anda hanya memerlukan indikator saja tanpa menggambar garis, lebih baik anda menggunakan aplikasi ini dari pada CNX, berbeda halnya jika anda ingin menganalisa lebih dalam lagi.

Untuk dapat mencari saham yang ada pada bursa efek indonesia, anda hanya perlu mengetikkan kode sahamnya pada menu quick view kemudian lihat yang diakhiri dengan .JK, contohnya jika anda memcari saham BBRI maka pilihlah kode saham BBRI.JK, kemudian akan tampil chart BRI dengan default moving averagenya serta indikator MACD pada bagian bawah layar Hp anda. Untuk mendapatkan aplikasi Stock Chart ini silahkan anda download pada playstore atau bisa di klik disini.

6. Data Saham
Aplikasi Data Saham adalah aplikasi yang memberikan banyak fitur menarik dan tampilan yang sangat bagus, adapun fitur aplikasi ini berupa screener yang berfungsi sebagai srceening perusahaan berdasarkan kondisi, kemudian top stock yang memberikan informasi net buy/sell asing, top gainer/loser, dll.

Selain itu aplikasi Data Saham juga memberikan fasilitas watchlist, index semua sektor, commodities, currency, dan yang paling sering saya gunakan adalah kita bisa membuat portpolio kita sendiri, jadi tidak perlu kita harus login ke aplikasi skuritas hanya untuk memantau portpolio saja. Dari segi tampilan, aplikasi ini sangat bagus untuk melihat chart maupun indikator moving averagenya. Silahkan anda download aplikasinya melalui playstore atau anda bisa klik disini. Berikutnya tentu saja yang perlu kita instal adalah aplikasi dari skuritas tempat kita daftar membuat akun.

7. Aplikasi Sekuritas
Hampir semua perusahaan skuritas memiliki aplikasi mobile yang bisa kita gunakan untuk bertransaksi secara realtime. Fitur yang diberikan berbeda beda pada stiap skuritas.

Tidak perlu khawatir, semua aplikasi yang sudah saya ulas diatas semuanya gratis. Jika anda memanfaatkan semua aplikasi tersebut secara bijak, saya yakin anda pasti mampu menganalisa suatu perusahaan baik secara teknikal maupun secara fundamental. Itulah 7 aplikasi ini wajib anda miliki jika ingin membeli saham, semoga bermanfaat salam sukses selalu

0 Komentar 7 aplikasi ini wajib anda miliki jika ingin membeli saham

Post a Comment

Back To Top