Cara membeli domain murah agar blog anda menjadi TLD


Banyak yang bertanya bagaimana cara menghilangkan blogspot biar menjadi .com atau sebagainya, baiklah disini saya akan menjelaskan caranya secara detail hingga anda bisa merubahnya sendiri.
Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD
Tujuan upgrade blog
Jika anda memutuskan untuk mengupgrade blog anda ke domain sendiri seperti .com, .net, .co.id, dan sebagainya, maka tujuan anda adalah agar blog yang anda kelola terlihat lebih profesional, sehingga para pembaca blog anda akan berfikir bahwa blog yang mereka baca tidak blog asal asalan atau berita hoax, mereka akan berfikir mereka akan mendapatkan informasi yang akurat dan mulai mengikuti website anda.

Selain untuk memberikan kepercayaan kepada pengunjung blog anda, tujuan berikutnya adalah untuk dapat mengupgrade akun adsense anda yang sebelumnya terdaftar sebagai akun hosted ke non hosted.

Saya akan menjelaskan sedikit tentang akun adsense hosted dan non hosted, jika anda sudah memiliki akun adsense yang mendaftar melalui produk google seperti blogspot dan youtube maka anda akan memiliki akun hosted, dimana anda hanya dapat menampilkan iklan pada video yotube yang sudah anda monetasi atau menampilkan iklan pada blog yang belum anda upgrade seperti webanda.blogspot.com

Namun jika anda membeli domain dan memasangnya di blog anda maka blog anda akan berubah menjadi webanda.com, lebih keren bukan? Tetapi sayangnya iklan yang sebelumnya anda pasang menggunakan akun adsense hosted tidak akan tampil lagi, anda tidak bisa menghasilkan uang lagi dari sana. Solusi yang tepat untuk masalah ini tidak ada cara lain selain mengupgrade akun adsense anda dari hosted ke non hosted.

Keuntungan yang anda peroleh dari akun adsense non hosted jauh lebih besar dari segi bagi hasil pendapatan dan keuntungan lainnya adalah anda dapat memasang iklan dimana saja sekalipun anda membuat blog baru yang baru ber umur 1 hari.

Baca : Blog satu hari bisa dipasang google adsense?

Cara membeli domain
Kembali ke topik pembahasan, untuk mendapatkan top level domain (TLD) anda hanya perlu membelinya pada penyedia domain dan hosting, banyak sekali penyedia domain yang ada di indonesia, harganya pun sangat terjangkau, bahkan ada yang seharga sebungkus rokok per tahun, murah sekali bukan? Baiklah kita ambil contoh satu penyedia domain di indonesia yang cukup terkenal yaitu rumahweb.com

Silahkan anda masuk ke web nya dan register. Jika anda sudah memiliki akun di rumahweb, selanjutnya dikolom pencarian anda hanya tinggal memasukan nama blog anda disana tanpa .blogspot.com. contoh jika anda memiliki blog webanda.blogspot.com maka anda hanya perlu ketik webanda di kolom pencarian yang ada di rumahweb, selanjutnya klik tombol search maka akan muncul banyak pilihan domain yang bisa anda gunakan beserta harga yang tertera dimasing masing domain.
Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

Pilih salah satu kemudian scrol ke bawah sampai bagian 2. Pilih paket layanan, silahkan klik tombol beli domain saja lalu scrol ke bawah lagi, lewatkan semua bagian penawaran lainya jika anda tidak membutuhkannya, kemudian centang bagian paling bawah Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, dan Kebijakan Privasi lalu klik tombol check out.

Silahkan lakukan pembayaran anda sesuai dengan metode yang anda pilih, saya merekomendasikan transfer bank agar tidak ribet atau bisa menggunakan mobile banking. Sampai tahap ini, anda sudah memiliki domain sendiri yang siap dipasang pada blog anda.

Cara memasang domain di blog
Langkah pertama adalah login ke blog anda 
1. Login ==> Setting ==> pada menu publishing klik +add a costum domain
2. Isi kolom dengan nama domain anda, kemudian simpan, maka akan muncul CNAME seperti gambar dibawah ini.
Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

NB: CNAME yang diberi kotak hitam tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/ Clientzone.
Sekarang silahkan ditinggalkan dahulu Bloggernya. Silahkan Anda login ke account WHMCS/ clientzone.rumahweb.com

3. Pilih Di menu Domains > My Domains > klik Active > Nameservers
4. Klik menu “Nameservers“. Pastikan Name Server anda seperti pada gambar.

5. Klik “Kelola Domain”.

6. Klik manage DNS.

Apabila muncul tombol Start/Update, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Sesuai gambar dibawah ini. Setelah itu baru Add New Record




Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

7. Membuat A record, dan isi sesuai ketentuan berikut.
Silahkan isi;

Domain name = kosongi saja
TTL = 14400
Record Type = A
Hostname = 216.239.32.21

Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

Ulangi isikan Untuk IP or Hostname = 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21



8. Membuat Cname Record. Dan masukkan Seperti informasi yang ada di blogger tadi.

Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

Dan

Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD

Setelah selesai silahkan anda kembali ke blogger tadi pada tampilan berikut. Silahkan coba klik “Simpan“. Bila masih tidak bisa, mungkin itu masih dalam propagasi. Propagasi antara 1-24 jam.

Selanjutnya, bila sudah diklik Save, silahkan lakukan panduan berikutnya;

9. Silahkan klik ‘Edit’.

Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD
10. Ceklist kotak redirect.

Cara membeli domain agar blog anda menjadi TLD
Selamat setting custom domain blogger di domain .id telah selesai. Silahkan Anda coba akses webnya. sumber


0 Komentar Cara membeli domain murah agar blog anda menjadi TLD

Post a Comment

Back To Top