Hati - Hati Terhadap IPOT ATM Indopremier


Dari pertama kali terjun ke dunia saham saya memilih membuka akun di perusahaan sekuritas yaitu Indopremier dengan aplikasinya yang bernama IPOT. Perusahaan tersebut adalah perusahaan sekuritas atau broker yang menghubungi transaksi antara investor dengan BEI (bursa efek indonesia).

Biaya transaksi yang dikenakan kepada investor yang melakukan transaksi secara online adalah sebesar 0,19 fee beli dan 0,29 fee jual yang lebih mahal dari perusahaan sekuritas lain seperti Mandiri sekuritas, Danareksa sekuritas, dan BNI sekuritas.

Selama beberapa tahun saya bertransaksi melalui indopremier dengan aplikasinya IPOT tidak pernah ada masalah, pelayanan baik dan saya menyukainya. Tetapi akhir - akhir ini tepatnya bulan November - Desember 2017 saya merasa kecewa setelah menggunakan IPOT ATM (fitur untuk melakukan Automatis Stop Loss) untuk membatasi resiko saya dalam melakukan trading saham.

Di fitur tersebut saya setting adalah ketika harga saham yang saya beli turun kurang dari atau sama dengan harga yang saya tentukan maka actionnya adalah SELL atau jual (Best Bid Price)

Mungkin sedang tidak beruntung ketika itu saham yang saya beli ternyata jatuh dan harganya merosot tajam, pada saat itu saya berfikir sudah membuat managemen resiko dengan menentukan stop loss via IPOT ATM sehari sebelum harga saham itu turun.

Kemudian saya login ke akun saya untuk cek kembali dan ternyata saham yang sudah saya tentukan stop loss nya tidak terjual, padahal harganya sudah jauh turun dari harga yang saya tetapkan pada IPOT ATM. sangat kecewa ketika itu melihat saham yang turun dan tidak terjual.

Kembali saya ingatkan pada IPOT ATM saya setting ( < = ) kurang dari atau sama dengan, maka SELL atau jual, yang artinya ketika harga saham menyentuh harga atau lebih rendah dari harga yang saya tentukan maka saham saya akan terjual secara otomatis.

Tetapi yang terjadi saham saya tidak di eksekusi oleh sistem IPOT ATM, anehnya lagi saya sudah mendapat email bahwa perintah SELL tersebut sudah di eksekusi.

Tidak puas dengan hal itu, saya langsung menghubungi indopremier melalui telphone. Pertama saya ditanyakan username akun saya yang kemudian saya menyampaikan komplinan tersebut. beberapa kali saya disuruh menunggu ketidak saya mengajukan pertanyaan komplin karena si operator tersebut menanyakan lagi ke (mungkin) rekan kerjanya disana yang membuat saya semakin kesal.

Akhirnya rekan kerjanya yang ambil alih telphone untuk menjawab komplinan saya (dalam hati ngapain ndak dari tadi lu aja jawab). Setelah dia menjawab bla..bla..bla.. yang intinya harga saham itu terlalu cepat turun dan belum habis antrean jualnya harga sudah turun lagi jadi tidak tereksekusi (lohh... itu kan sudah di setting kurang atau sama dengan harga yang ditentukan maka jual saja, kata saya)

Logikanya seharunya jika harga saham tersebut sudah menyentuh harga stoploss atau dibawah harga stoploss maka ya jual saja, namanya saja Cut Loss kan?? dan melalui pesan email kenapa sudah tereksekusi???

Kembali dia menjelaskan lagi bahwa ada pilihan more action yang harus di setting (perasaan sebelum - sebelumnya saya menggunakan IPOT ATM tanpa more action pun saham saya terjual kalau sudah kena stop loss)

All hasil ya harus saya Hold saja saham tersebut agar kembali naik, lagian saham tersebut bukan saham gorengan dan fundamentalnya juga baik menurut saya sebagai trader.

Berikut bukti screenshot yang saya ambil dari aplikasi IPOT dan Emailnya.

Hati - Hati Terhadap IPOT ATM Indopremier
Lingkaran merah adalah harga yang saya tentukan untuk action SELL
Lingkaran hijau adalah harga saat itu sudah jauh melewati harga yang sudah saya tentukan
Lingkaran biru perintah SELL yang saya setting di Best Bid Price

Hati - Hati Terhadap IPOT ATM Indopremier
Email dari IPOT ATM bahwa perintah SELL sudah dijalankan

Hati - Hati Terhadap IPOT ATM Indopremier
Ketika login di akun ternyata saham belum terjual

Perlu saya sampaikan bahwa tulisan ini tidak ada maksud untuk menjelekan dan menyalahkan ataupun fitnah kepada indopremier sekuritas, melainkan hanya berbagi pengalaman dan mungkin saja saya yang belum paham untuk membuat stoploss diaplikasi tersebut.

Jika anda yang pernah mengalami hal yang sama, silahkan berbagi disini.
Semoga Sukses, salam Cuan dari saya

0 Komentar Hati - Hati Terhadap IPOT ATM Indopremier

Post a Comment

Back To Top