The File or Directory is Corrupted and Unreadable

the file or directory is corrupted and unreadable
Pernahkan anda menggunakan hardisk atau flasdisk?? pastinya semua pernah menggunakannya, apalagi jaman sekarang barang seperti itu sudah mudah didapat dan harganya pun murah-murah sekali.

Tapi jika hardisk anda rusak dan tidak bisa dibuka dikomputer, anda pasti bingung dan bisa stress dibuatnya, karena isinya pasti data-data penting entah berupa foto, file atau video.

Pertama mungkin kita bahas penyebabnya :

  • anda yang suka otak-atik bongkar hardis atau flasdisk
  • tidak melalukan eject disk ( main cabut saja )
  • komputer mati secara tidak normal
  • menggunakan OTG untuk menghubungkan ke handphone
Point terakhir hanya untuk HARDISK, kenapa demikian? oke, kalau kita menggunakan OTG dan mencolokan flashdisk ke HP besar kemungkinan flashdisk akan dibaca oleh HP, nah... jika kita ingin mencoba-coba untuk membaca hardisk melalui OTG maka hardisk anda akan kekurangan daya dan tidak terbaca oleh HP dan hardisk anda kemungkinan akan rusak atau tidak dapat dibuka juga melalui komputer.

Jika anda memiliki pengalaman demikian, pada komputer yang anda colokan hardisk tersebut akan muncul direktory nya saja tanpa kapasitas hardisk anda. ketika anda buka akan muncul tulisan the file or directory is corrupted and unreadable.

Bagaimana cara memperbaikinya??

Pengalaman saya dulu juga pusing setengah mati ketika hardisk saya mengalami hal tersebut, oke saya akan membagikan tips memperbaikinya, sangat sederhana tapi hasilnya luar biasa.

Pertama anda perlu buka CMD pada Windows anda, saya rasa anda semua bisa melakukan itu. kemudian anda ketikan "chkdsk /f g:" tanpa tanda kutip (").

huruf G yang bertanda merah anda ganti sesuai dengan direktory hardisk anda, secara umum biasanya pada direktory G atau E, liat contoh gambar dibawah ini.


the file or directory is corrupted and unreadable
Setelah anda ketikan itu selanjutnya anda hanya cukup tekan ENTER, biarkan proses tersebut berjalan seperti gambar dibawah ini.

the file or directory is corrupted and unreadable
Mungkin akan memakan waktu sekitar 5- 10 menit, kita tunggu sampai selesai yang penting data kembali :)


Akhirnya selesai juga, setelah selesai akan muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan di close saja CMD nya dan cek hardisk anda kembali

the file or directory is corrupted and unreadable
Semoga apa yang diharapkan berjalan dengan baik, perlu diketahui versi setiap Windows akan berbeda pula caranya.
percobaan ini saya lakukan pada Windows 10, jika bermanfaat bagi anda silahkan di Share karena berbagi itu akan indah pada waktunya.

0 Response to "The File or Directory is Corrupted and Unreadable"

Post a Comment